Jumat, 04 Agustus 2017

Keajaiban Daun Kelor (MORINGAKING)



Sebagian Masyarakat Mungkin belum Mengetahui  Manfaat daun kelor. kebanyakan masyarakat pada umumnya hanya memanfaatkan daun kelor sebagai sayuran ,padahal daun kelor sangat berkhasiat untuk kesehatan dan memiliki kemampuan dalam penyembuhan penyakit.






Kandungan Daun Kelor
Daun kelor  memiliki kandungan vitamin C, 7 kali lipat lebih dari buah jeruk. Kalsium di dalam daun kelor 4 kali lebih tinggi dibanding susu. Daun kelor juga mengandung potasium tiga kali lipat lebih dibanding buah pisang. Asam amino essensial di dalamnya lebih banyak daripada protein dalam susu. Sedangkan Vitamin A di dalam daun  kelor, 4 kali lebih baik dibandingkan dengan wortel.



Uraian seluruh bagian dari tanaman kelor untuk kesehatan.

(-) Akar

Air rebusan akar kelor juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti rematik, epilepsi, gonorrhoea,antiskorbut dan diuretikum. Akar tanaman pada  kelor ini dikenal sebagai pelaruh air seni,penambah nafsu makan dan peluruh haid.Tumbukan halus pada akar kelor juga dapat dibuat bedak untuk tapel perut pada bayi yang baru lahir, obat penyakit kulit, dan untuk pengobatan kaki yang terasa pegal dan lemah.

(-) Kulit Batang

Berdasarkan hasil riset, bahwa kulit batang kelor sangat ampuh  sebagai penawar racun ular dan kalajengking. Selain itu, mengoleskan ekstrak kulit batang kelor , juga dapat membantu mengatasi pembengkakan, karang gigi dan sariawan.

(-) Buah
Buah kelor diketahui memiliki kandungan zat alkaloida morongiona yang bersifat dapat merangsang sistem pencernaan makanan.

(-) Bunga
Air rebusan bunga kelor bisa digunakan untuk membantu mengatasi flu,
radang tenggorokan dan cacingan.

(-) Biji

Biji kelor dapat digunkan sebagai penjernih air. Selain itu, biji kelor juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik, obat-obatan, serta sumber minyak goreng nabati. 

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1.Mengobati Penyakit Liver 
Daun kelor mempunyai kemampuan melindungi organ hati dari kerusakan, seperti penyakit sirosis dan hepatitis. Di  Eropa  daun kelor banyak digunakan sebagai salah satu bahan alami pembersih liver atau hati.

2. Mencegah diabetes
Riset membuktikan jika seseorang kekurangan Vitamin D memiliki resiko yang tinggi menderita penyakit diabetes karena vitamin D sangat diperlukan oleh sel islet dalam pankreas untuk memproduksi insulin. Daun kelor mengandung kadar vitamin D yang tinggi dan asam askorbat yang juga berperan dalam proses sekresi insulin


3. Menghilangkan nyeri pada rematik
Daun kelor memiliki kandungan senyawa kolkisin yang termasuk kelompok alkaloid. Senyawa ini mampu menurunkan rasa nyeri akibat penyakit rematik dikarenakan memiliki khasiat anti peradangan atau anti inflamasi.


4. Memperkuat kekebalan tubuh
Penelitian membuktikan bahwa daun kelor mengandung 162 mg klorofi; per 8 gram serbuk kering. Selain itu, daun kelor juga mengandung kadar polyfenol .Senyawa polyfenol dikenal mampu meningkatkan respon imun atau reaksi sel kekebalan tubuh untuk menangkal radikal bebas dan kuman penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.


5. Mencegah penyakit jantung
Penelitian membuktikan bahwa asam lemak omega 3 memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan sel dalam jantung dan pembuluh darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.Daun kelor mengandung kadar asam lemak omega 3 yang cukup tinggi bahkan 10 kali lebih banyak dibandingkan kadar asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon.

6.Mencegah dan mengobati kanker
Daun kelor memiliki kandungan senyawa isothiocyanate benzil yang dapat mencegah pembentukan sel tumor dan kanker. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat mencegah timbulnya penyakit kanker dan meningkatkan kualitas hidup pasien kanker.

7. Menyembukan batu ginjal 
Daun kelor memiliki kandungan  senyawa kimia seperti seperti moringinan, pterigospermin dan alkalid moringin .Banyak penelitian yang dilakukan untuk mempelajari efek dari zat-zat tersebut dan penelitian tersebut melaporkan bahwa daun kelor memiliki kemampuan untuk menghancurkan batu yang mengendap dalam ginjal.

8. Mencegah anemia
Penyakit anemia disebabkan karena kurangnya asupan zat besi yang termasuk mineral pentinguntuk  pembentukan hemoglobin dan sel darah merah.
Daun kelor memiliki kandungan kadar zat besi yang lebih tinggi dari daun bayam dan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit anemia.

9. Menjaga kesehatan mata
Daun kelor memiliki kadar vitamin A dan beta karoten empat kali lebih besar dibanding dengan wortel. Vitamin A dan beta karoten yang terkandung dalam daun kelor memiliki peranan penting dalam menjaga struktur dan fungsi organ mata

10. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi, yang mampu  mencegah dan mengobati sakit maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, dan infeksi
 

11. Menyehatkan kulit
Daun kelor mengandung  vitamin c dan antioksidan yang sangat tinggi, yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. daun kelor juga mengandung antibakteri alami, antijamur dan senyawa antiviral yang melindungi kulit dari infeksi

12. Menstabilkan mood dan melindungi kesehatan otak
Daun kelor mengandung  antioksidan dan senyawa tiroid yang bermanfaat untuk menjaga tingkat energi tubuh, untuk mencegah kelelahan, depresi, suasana hati buruk dan insomnia.

13. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Menurut Tati Winarto, seseorang pakar herbal, bahwa salah satu manfaat  daun kelor yang tidak terduga  yaitu menjaga kadar darah dan mencegah kolesterol tinggi.Hal itu karena daun kelor memiliki kandungan zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang bermanfaat  untuk menurunkan tekanan darah


14. Mengatasi Kulit Kering
Daun kelor banyak mengandung vitamin B2. Vitamin B2 merupakan vitamin yang dapat menjaga kelembapan kulit. Mengkonsumsi olahan dari daun kelor secara rutin.dapat mencegah kulit yang kering dan pecah-pecah.

15. Mengatasi Pegal Linu
Daun kelor mengandung pterigospermin yang bermanfaat sebagai penghangat. Rasa hangat inilah yang kemudian akan membuat otot tubuh menjadi rileks.

 16. Mengobati Sariawan 
Daun kelor mengandung  vitamin C yang sangat ampuh dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Karena itulah, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat

17. Mencegah Osteoporosis
Daun kelor memiliki banyak kalsium. Kalsium tersebut yang mencegah terjadinya keropos tulang dan membuat tulang menjadi kuat .Selain sebagai penguat tulang, dinegara-negara lain seperti India dan Afrika biasa memanfaatkan daun kelor sebagai obat diabetes dan mengobati tekanan darah tinggi.

18. Daun kelor sebagai anti bakteri dan anti racun 
Manafat daun kelor sebagai anti bakteri dan anti racun terbukti bahwa biji buah kelor mampu menyerap kotoran pada air, sehingga air kembali jernih dan sehat. Begitulah fungsi daun dan  biji buah kelor bermanfaat untuk membantu menyerap dan mengeluarkan racun dalam darah.

 19.  Daun kelor untuk diet
Daun kelor dapat menghasilkan energi yang tahan lama maka otomatis jika secara rutin mengkonsumsi daun kelor dapat membantu program diet secara alami dan aman. 

20. Manfaat daun kelor untuk kecantikan 
Tidak hanya untuk mengobati penyakit saja daun kelor juga bermnafaat untuk mengatasi flek hitam,komedo dan jerawat pada wajah dengan cara ditumbuk sampai halus lalu dijadikan sebagai atau masker  



Cara Membuat Teh Herbal Daun Kelor
1.    Cuci beberapa daun kelor di bawah air leding selama beberapa menit
2.    Tiriskan daun menggunakan kain hingga benar-benar kering.
3.    Didihkan air, dan masukkan daun ke dalam panci mendidih. Masak sekitar 1 menit saja.
4.    Saring airnya dan tempatkan daun yang sudah dimasak pada kain bersih lagi.
5.    Yang perlu anda lakukan sekarang yaitu  untuk menjaga daun ini di tempat yang gelap dan kering selama sekitar satu minggu lebih untuk dikeringkan.
6.    Setelah benar-benar kering, seduh dalam air yang mendidih untuk membuat teh.



Khasiat Teh Daun Kelor
Khasiat dari Teh Daun Kelor ini adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dapat membantu membangun serat kolagen di dalam kulit, sehingga dapat mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan.
  • Teh kelor merupakan obat alami yang sangat efektif untuk meningkatkan penglihatan dan mengasah otak juga. Karena teh kelor sarat dengan antioksidan, manfaat tersebut merupakan hasil yang jelas.
  • Jika mengkosumsi teh daun kelor secara teratur, diketahui akan mengalami peningkatan tingkat metabolisme, dan meningkatkan fungsi hati dan ginjal.
  • Peningkatan pencernaan adalah salah satu manfaat dari minum teh kelor  ini dimana banyak orang telah dijamin kebenarannya. Seperti mual, diare dan pilek dapat dengan mudah ditangani, dengan bantuan teh daun kelor ini.
  • Senyawa aktif di dalam daun kelor yang dibuat teh, membantu dalam meningkatkan sistem peredaran darah tubuh.
  • Zat anti-inflamasi dari daun kelor ini , seperti yang sudah disebutkan di atas dapat  membantu orang yang menderita arthritis dan kondisi inflamasi lainnya.
  • Dan salah satu manfaat utama dari teh daun kelor inidikaitkan dengan peningkatan pengaturan glukosa dalam tubuh dengan demikian,  teh daun kelor besar manfaatnya bagi orang yang menderita diabetes.















Load disqus comments

0 komentar