Selasa, 22 Agustus 2017

Bahaya Mematikan Mie instan

Siapa yang tidak kenal makanan instan yang satu ini .Mie yang dikenal karena rasanya yang sangat enak gurih dan lezat ini ternyata sangat berbahaya jika anda terlalu sering mengkonsumsinya .Terlebih jika anda mengkonsumsinya dengan nasi ,banyak resiko yang akan mengintai tubuh anda .Mulai dari kegemukan dan bahkan kematian .




bahaya mematikan mie instan



Bahaya Makan Mie Instan


1. Kerusakan Hati
Terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat menyebabkan kerusakan hati. Mie Instan mengandung zat berbahaya salah satunya adalah Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati.
2. Gagal Ginjal 
Kandungan Proplene Glycol juga dapat mengundang penyakit lain yaitu merusak kerja ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita. Penyakit ginjal tersebut berupa penyakit gagal ginjal.

Mie Instan memiliki rasa yang cenderung gurih akan tetapi  terdapat banyak kandungan gula yang dapat menyebabkan penyakit Diabetes.

4. Meningkatkan kadar kolesterol
Makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol tinggi bukan hanya makanan yang bersantan atau aneka makanan laut .Mie Instan juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena memiliki kandungan garam yang tinggi.

5. Mengganggu hormon bagi wanita
Jika Mie Instan dikonsumsi secara rutin dan  berlebihan bagi wanita akan mengangganggu hormon ,karena Sodium yang terkandung dalam Mie Instan. Hal ini menyebabkan jadwal bulanan seperti menstruasi dapat terganggu dan dapat  menimbulkan jerawat.

6. Menggangu hormon seks bagi pria
Mie Instan yang kaya akan zat kimia juga akan mengganggu hormon pria dalam hal seks di mana mereka tidak dapat mengontrol gairah seks mereka.
7. Memicu tekanan darah tinggi
Pada umumnya tekanan darah seseorang yang normal  adalah 130/80. Tetapi Mie Instan dapat menaikannya alias memicu tekanan darah tinggi terjadi karena zat kimia berbahaya di dalamnya yang tidak terlihat.

8. Menurunkan metabolisme
Kandungan Zat kimia di dalam Mie Instan juga dapat menurunkan metabolisme . Sebenarnya Mie Instan hanya akan memberi sedikit energi dan menurunkan kembali metabolisme kita karena zat kimia tersebut.
9. Menghambat penyerapan nutrisi
Mie Instan sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak – anak. Hal ini dikarenakan Mie Instan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh anak – anak. Apa lagi bagi anak – anak yang masih berusia di bawah 6 tahun.
10. Menyebabkan Kanker
Kanker memang mudah menghampiri banyak orang dan tidak memandang usia. Dan Mie Instan menjadi salah satu jalan penyakit ini dapat menghampiri kita. Dengan segumpal aneka ragam zat kimia yang ditambahkan dengan bahan berbahaya lain salah satunya Mie Instan yang di dalam Styrofoam, kanker dapat saja dengan senang hati menghampiri. Stryfoamyang diberi air panas sangat tidak baik karena menambah zat kimia berbahaya di dalam Mie Instan.

11. Keguguran bagi wanita hamil
Untuk wanita yang sedang hamil, hindarilah makan Mie Instan. Zat kimia di dalam Mie Instan juga pengawet yang kuat dapat menyebabkan keguguran.
12. Memicu penyakit Stroke.
Penyakit stroke dapat menyerang siapa saja bagi mereka yang terlalu rutin mengkonsumsi Mie Instan.Karena Mie Instan dapat menganggu kelancaran aliran darah.
13. Mengganggu pencernaan.
Mie Instan dapat menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh,hal  ini juga menjadikan pencernaan dalam tubuh terganggu. Pencernaan yang baik memerlukan bantuan nutrisi dan mineral yang banyak. Maka dari itu tidak sedikit yang gemar mengkonsumsi Mie Instan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Bahkan dapat menyebabkan lambung dan usus bocor.
14. Memicu sakit kepala
Mie Instan memiliki kandungan kadar MSG yang sangat banyak. kandungan MSG ini  sangat tidak baik untuk tubuh maupun otak. Mengkonsumsi MSG dapat memberi efek ringan hingga serius. MSG dapat memicu timbulnya sakit kepala karena tubuh yang tidak dapat menerima zat berbahaya ini.

15. Menganggu sistem pernafasan
Selain itu Kandungan MSG dalam Mie Instan juga dapat menganggu sistem pernafasan . Gejalaa yang paling utama adalah membuat sulit bernafas dan merasa sesak di dada.
16. Membuat wajah bengkak.
Tidak hanya  memicu sakit kepala dan mengganggu  pernafasan, kandungan MSG juga dapat membuat wajah merah – merah hingga bengkak. Tidak banyak yang menyadari hal ini karena biasanya tidak berlangsung lama hanya saat ketika MSG tersebut terserap dalam tubuh.
17. Penyakit jantung.
Mie Instan juga termasuk dalam junk food atau makanan yang miskin vitamin. Mengkonsumsi Mie Instan secara rutin dan berlebihan juga dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dikarenakan Cardionmetabolic Syndrome.
18. Membuat perut buncit dan kantung mata. 
Kandungan garam yang sangat banyak di dalam Mie Instan secara tidak langsung akan  membuat perut menjadi buncit dan menambah kantung mata. Mengkonsumsi garam yang banyak memang dapat membuat kedua hal tersebut tidak hanya di dalam Mie Instan saja.
19. Obesitas.
Mie Instan jika dikonsumsi akan memberi efek mengenyangkan. Namun setelah itu dalam beberapa jam kemudian kita akan kembali merasa lapar. Padahal kalori dan karbohidrat di dalam Mie Instan sudah banyak. Hal ini cenderung membuat kita makan beberapa kali lipat. 

Cara Memasak Mie Instan Yang Benar Dan Aman : 
  • Perhatikan Tanggal Kadaluarsa
    Sebelum membeli mie instan pastikan anda melihat dulu tanggal kadarluwarsanya. Biasanya, kebanyakan mie instan memiliki batas expired hingga enam bulan lamanya. Untuk itu penting sekali memperhatikan hal yang satu ini. .
  • Pastikan Mie Matang Sesuai Petunjuk  

    Mengkonsumsi  mie instan dengan cara meremas dan mencampurkan bumbu tanpa dimasak terlebih dahulu lebih baik kebiasaan tersebut segera hentikan. Karena sangat tidak sehat dan tidak dianjurkan, Juga akan menyebabkan gangguan pada pencernaan anda.Oleh arena itu, pastikan memasak mie instan sampai matang  sesuai dengan cara penyajian yang sudah tertera.
  • Buang Air Rebusan Pertama Mie Instan  

    Saat merebus mie instan, buang air yang pertama kali digunakan untuk merebus. Saat merebus, lapisan lilin yang terkandung di dalam mie tersebut sebagian besar akan larut bersama air. Hal ini akan membantu meminimalkan banyaknya lilin yang masuk ketubuh.
  • Jangan Memcampurkan Bumbu Kedalam Mie Yang Sedang Di Masak  

    jangan pernah campurkan bumbu dan mie ke dalam air rebusan. Bumbu mie instan memiliki kandungan berbahaya dan akan semakin berbahaya bila bercampur dengan air bersuhu tinggi. Sebaiknya bumbu dicampurkan dengan mie saat mie instan telah diangkat dari dalam air rebusan.
  • Mengurangi Bumbu Mie Instan   

    Bumbu mie instan merupakan salah satu bagian yang sering dikhawatirkan.  Secara umum garam dan kandungan MSG di dalam mie instan memiliki batas-batas aman tertentu yang boleh dikonsumsi tubuh. Maka dari itu, kurangilah bumbu mie instan saat anda memasak mie instan, atau anda juga bisa menggantinya dengan bumbu buatan sendiri.
  • Berikan Gizi Yang Seimbang  

    Memang benar jika mie instan dapat memberikan nutrisi bagi tubuh kita, namun faktanya adalah asupan karbohidrat yang menyebabkan tidak berimbangnya gizi yang masuk kedalam tubuh kita. Sebisa mungkin anda memberikan bahan-bahan yang dapat menambah nilai gizi pada mie instan yang anda buat misalnya saja seperti sawi, wortel, tomat dan lain-lainnya sedangkan anda juga bisa menambahkan daging, telur dan lain-lain sebagai asupan proteinnya.

Tips Aman Memakan Mie Instan 

  • Jangan Terlalu Sering
    Buat anda yang mungkin terlalu sering makan mie instan, lebih baik mulai hentikan kebiasaan ini. Mengingat kandungan mie instan yang tinggi karbohidrat namun, minim gizi dan zat yang dibutuhkan untuk tubuh akan membuat tubuh kita tidak mendapat nutrisi yang cukup.
  • Jangan Memakan Mie Instan Dalam Keadaan Mentah  

    Memakan mie instan dalam keadaan mentah Hal ini tentu saja tidak sehat, karena dapat menggangu sistem percernaan anda. Jadi anda harus terlebih dahulu  mengolahnya sesuai apa yang menjadi petunjuk pada bungkus mie yang ada.
  • Jangan Menyantap Mie Instan Dengan Nasi  

    Mencampur mie instan dengan nasi merupakan kebiasaan yang kurang Sehat . Mengapa tidak boleh dicampur dengan nasi? Penyebabnya karena mie instan sudah memiliki banyak kalori dan karbohidrat. Jika dicampur nasi hanya akan menjadikan tubuh kita memiliki kadar gula yang lebih tinggi.



























Load disqus comments

0 komentar