Rabu, 13 September 2017

Menjaga Kesehatan Mata Dengan Herbal

Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting selain Jantung,paru-paru,otak dll. Tanpa mata tentu tidak akan bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang luar biasa ini. Maka dari itu anda harus selalu menjaga kesehatan mata anda tetap sehat agar selalu bisa menikmati keindahan dunia ini.




Faktor Penyebab Mata Terlihat Lelah
  • Membaca sambil tiduran
  • Membaca diatas kendaraan yang berjalan
  • Cahaya matahari
  • Nonton televisi dengan jarak yang cukup dekat
  • Melihat fokus yang lebih kecil seperti memasukkan benang ke jarum
  • Menyetir pada malam hari
Jenis – Jenis Penyakit Mata
  • Penyakit Mata Glaukoma
    adalah kondisi penyakit mata yang mengakibatkan mata tidak bisa melihat dalam jangka waktu tertentu.
  • Degerasi Makula
    merupakan penyakit mata yang menyerang pada bagian makula sehingga mengakibatkan  mata tidak bisa melihat dengan jelas (penglihatan kabur)
  • Katarak
    penyakit mata yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan penglihatan berkurang
  • Neuritis Optik
    penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada bagian saraf optik yang berupa kumpulan syaraf yang berfungsi untuk menghubungkan informasi dari mata ke otak.
  • Penyakit Graves
    kondisi yang menyebabkan adanya gangguan sistem kekebalan tubuh karena tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid.Penyakit graves bisa memberikan pengaruh yang sangat besar untuk kesehatan mata (Mata menjadi lebih menonjol,Mata seperti menghasilkan pasir,Mata kehilangan kemampuan untuk melihat.dll)
  • MataJuling (Strabismus)
    kondisi yang menggambarkan bahwa mata tidak bisa melihat dengan baik. Bola mata dapat melihat ke arah kanan dan kiri sehingga pandangan mata yang sebenarnya lurus tapi tidak bisa terjadi dengan baik.
  • Rabun Mata
(-) Rabun Dekat
Rabun dekat merupakan jenis kelainan pada mata yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat benda terlalu dekat. Biasanya penderita rabun dekat adalah orang dengan usia di atas 40 tahun.
(-) Rabun Jauh
Rabun jauh merupakan  jenis kelainan pada mata yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat benda yang terlalu jauh. Biasanya rabun jauh bisa terkena pada anak anak.
  • Keratitis
    Jenis penyakit mata yang menyerang pada bagian kornea mata yang dapat disebabkan oleh virus, jamur, dan bakteri. Ciri ciri penyakit ini adalah adanya bintik bintik putih pada mata.
  • Buta Warna
    Terjadi ketika para penderita buta warna ini sudah  tidak dapat lagi membedakan berbagai warna  Biasanya warna yang dapat di lihat adalah hitam, abu abu dan putih. Penyakit buta warna ini umumnya adalah jenis penyakit keturunan.
  • Presbiopi
    Penyakit mata yang menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dekat ataupun benda jauh, umumnya penyakit mata ini  terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut.
  • Iridosiklitis Akut
    Penyakit yang berasal dari kuman gigi yang telah merambat ke  mata, tanda awal terkena penyakit ini yaitu mata  memerah tapi tidak mengeluarkan kotoran. Gejalanya  penderita akan mengalami pengelihatan seperti ada bintik bintik hitam berterbangan.jika terlambat di obati dapat mengakibatkan penglihatan menjadi rabun bahkan kebutaan.
  • Ablasi Retina
    kondisi dimana lapisan penting dari jaringan pada retina terjadi penurunan sehingga posisinya akan kebawah atau menarik ke dalam yang mengakibatkan  gangguan pada pembuluh darah di daerah ini. Kondisi seperti ini menyebabkan retina mengalami kekurangan oksigen sehingga bisa mengakibatkan kebutaan.


Cara Menjaga Kesehatan Mata
1. Banyak makan buah-buahan dan sayuran
Wortel sarat akan beta karoten sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.
2. Kurangi penggunaan obat tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.
3.Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda.Dan jangan pula memakai kacamata terlalu lama.
4. Gunakan mentimun 
Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.
5.Hindari duduk terlalu lama di depan komputer
 Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah.
6. Pakailah kacamata hitam pelindung UV
 Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.
7. Kenakan kacamata di saat yang tepatPastikan memakai kacamata atau pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya
8. Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.
9. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.
10. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai 
Cobalah melatih memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.
Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

Bioactiva merupakan jamu  herbal yang sangat berguna untuk kesehatan mata karena Bioactiva mengandung vitamin A dan E yang sangat baik untuk kesehatan mata. Bioactiva dan Bio7 baik di konsumsi setiap hari untuk menjaga tubuh tetap fit dengan


Load disqus comments

0 komentar